[HMTK KNOWLEDGE]

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Edisi pertama HMTK KNOWLEDGE kali ini membahas mengenai penemuan ilmuwan yang mengubah limbah plastik menjadi bahan bakar.

Penasaran? Ayo simak penjelasan di bawah ini!

Para ilmuwan telah berhasil menemukan cara baru untuk mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar cair. Cara baru ini memerlukan lebih sedikit energi, namun memberikan hasil akhir yang bermutu lebih baik daripada sebelumnya.

Teknik baru ini meluruhkan polietilen, bahan baku paling lazim untuk plastik di seluruh dunia. Bahan ini dipakai untuk film plastik, pembungkus makanan, botol plastik, dan tas belanja. Tiap tahun dihasilkan sekitar 100 juta ton produk-produk dari bahan tersebut dan sekitar 8 juta ton plastik dibuang ke samudra setiap tahun. Jika terus seperti ini, maka sebelum tahun 2050 diperkirakan akan lebih banyak sampah plastik daripada jumlah ikan di laut.

Untuk mengatasi hal tersebut, Guan dan timnya bekerja sama dengan para peneliti dari Shanghai Institute of Organic Chemistry, China. Hal itu guna menciptakan teknik daur ulang plastik yang memerlukan lebih sedikit panas. Proses ini menggunakan katalis kimiawi sehingga hanya memerlukan panas bersuhu 175 derajat Celcius, bukan seperti proses sebelumnya pada 400 derajat Celcius. Dengan demikian, proses ini memerlukan lebih sedikit energi untuk teknik yang serupa.

Guan dan timnya sekarang mencoba mencari cara agar teknik mereka lebih efisien, supaya bisa segera mengurangi polusi sampah plastik dan pada akhirnya bisa memanfaatkan sampah plastik itu.

Sumber: https://m.liputan6.com/…/kabar-gembira-ilmuwan-berhasil…

Itulah tadi penjelasan mengenai penemuan ilmuwan yang mengubah limbah plastik menjadi bahan bakar. Semoga bermanfaat😊

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

========================================
Departemen Pendidikan dan Studi Kemahasiswaan
PH-HMTK PNUP
Periode 2021-2022

Ikuti terus semua media sosial kami:
👉 Instagram: hmtk_pnup
👉 Facebook: HMTK PNUP
👉 Youtube: HMTK PNUP
👉 E-mail: hmtkpnup@gmail.com
👉 Website: hmtk.poliupg.ac.id

#SanubariBerdidkasi
#JayalahHMTK
#JayaJayaJaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *