[HMTK CORNER]

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pada HMTK Corner kali ini, kami akan membahas tentang perasa vanila yang terbuat dari limbah botol plastik.

Penasaran? Ayo simak penjelasan di bawah ini!

Di masa depan, es krim vanila yang kamu nikmati mungkin terbuat dari botol plastik. Para ilmuwan menemukan cara untuk mengubah sampah plastik menjadi perasa vanila dengan bakteri rekayasa genetika.

Vanilin, senyawa yang membawa sebagian besar bau dan rasa vanila, dapat diekstraksi secara alami dari biji vanili atau dibuat secara sintetis. Sekitar 85% vanillin saat ini terbuat dari bahan kimia yang diambil dari bahan bakar fosil.

Seperti dikutip dari Live Science, vanilin ditemukan dalam berbagai macam produk makanan, kosmetik, farmasi, pembersih dan herbisida, dan permintaannya berkembang pesat. Permintaan vanilin jauh melebihi pasokan biji vanili, sehingga para ilmuwan terpaksa memproduksi vanilin secara sintetis. Maka, dalam studi terbaru ini, para peneliti menggunakan metode baru untuk mengubah sampah plastik menjadi vanilin sebagai cara untuk memasok vanilin sekaligus mengurangi polusi plastik.

“Krisis limbah plastik global sekarang diakui sebagai salah satu masalah lingkungan paling mendesak yang dihadapi planet kita,” tulis para penulis dalam penelitian tersebut.

“Pekerjaan kami menantang persepsi plastik sebagai limbah bermasalah dan malah menunjukkan penggunaannya sebagai sumber karbon baru dari mana produk bernilai tinggi dapat dibuat,” kata salah satu penulis studi Stephen Wallace, dosen senior bioteknologi di The University of Edinburgh.
Kini, para penulis penelitian ini berharap bisa lebih meningkatkan kemampuan bakteri untuk dapat mengubah lebih banyak asam tereftalat menjadi vanilin. Jadi bikin penasaran ya, kira-kira bakal seperti apa rasa vanila yang dibuat dari sampah plastik?

Sumber:
https://inet.detik.com/…/ilmuwan-ubah-sampah-plastik…

Itulah tadi penjelasan mengenai penelitian limbah plastik yang berguna untuk pembuatan perasa vanila. Semoga Bermanfaat. 😊👋.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

===================================
Departemen Publikasi dan Dokumentasi
PH-HMTK PNUP
Periode 2020-2021

Ikuti terus semua media sosial kami :
👉 Line: @wdi7450l
👉 Instagram: hmtk_pnup
👉 Facebook: HMTK PNUP
👉 E-mail: hmtkpnup@gmail.com
👉 Website: hmtk.poliupg.ac.id

#NuragaBerproses
#JayalahHMTK
#JayaJayaJaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *