[BAHAN AJAR : ANALISA SAMPEL MINYAK KAYU PUTIH GC-MS]

E-Layanan Sains LIPI | Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

Bahan AJar dapat di unduh DISINI

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Apakah kalian pernah mendengar suatu instrumen yang bernama Gas Chromatography-Mass Spectrometer ? Gas chromathography (GC) adalah metode pemisahan yang digunakan untuk menganalisis senyawa yang mudah menguap atau senyawa yang mudah diuapkan. Senyawa yang mudah terdegradasi oleh panas tidak dapat dianalisis dengan metode ini. Mass Spectrometer (MS) adalah suatu metode analisis instrumental yang dipakai untuk identifikasi dan penentuan struktur dari komponen sampel dengan cara menunjukkan massa relatif dari molekul komponen dan massa relatif hasil pecahannya.

Gas Chromathography-Mass Spectrometer merupakan gabungan metode analisis antara GC dan MS. Dalam hal ini GC hanya berfungsi sebagai sarana pemisah tanpa dilengkapi dengan detektor sebagaimana GC pada umumnya, tetapi yang berfungsi sebagai detektornya adalah MS. Kemampuan dan aturan pemisahannya akan mengikuti aturan pada GC, demikian pula aturan
fragmentasi dan pola spektrum massa akan mengikuti aturan MS. Dengan adanya gabungan kedua metode tersebut akan memberikan keuntungan yang lebih baik karena senyawa yang telah terpisahkan oleh GC dapat langsung dideteksi oleh MS. Detektor MS untuk kromatografi gas mempunyai beberapa keuntungan, antara lain yaitu penggunaan senyawa yang telah diketahui isotopnya sebagai standar meningkatkan ketelitian analisis serta pada resolusi tinggi dapat menentukan komposisi dasar dari senyawa yang dianalisis. Dengan adanya penggabungan kedua alat tersebut, maka GC-MS mampu memisahkan komponen-komponen dalam suatu analit sekaligus menentukan jenis komponen tersebut melalui spektrum massanya.

Bahan ajar ini kami posting untuk mempermudah proses belajar mahasiswa teknik kimia, khususnya di Politeknik Negeri Ujung Pandang. Terdapat 9 bagian dalam bahan ajar ini yang berisi tentang laporan mengenai praktikum “Analisa Sampel Minyak Kayu Putih Menggunakan GC-MS”.
Silahakan download bahan ajar disini
Bagi teman-teman yang ingin request bahan ajar silahkan tuliskan dikolom komentar!!!

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

========================================
Departemen Publikasi dan Dokumentasi
PH-HMTK PNUP
Periode 2020-2021

Ikuti terus semua media sosial kami :
👉 Line: @wdi7450l
👉 Instagram: hmtk_pnup
👉 Facebook: HMTK PNUP
👉 E-mail: hmtkpnup@gmail.com
👉 Website: hmtk.poliupg.ac.id

#NuragaBerproses
#JayalahHMTK
#JayaJayaJaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *