[HMTK CORNER]

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pada HMTK Corner kali ini, kami akan membahas tentang kandungan senyawa kimia dan Bioaktivitas Ocimum Basilicum L.

Penasaran? Ayo simak penjelasan di bawah ini!

Keanekaragaman hayati yang terdapat di Indonesia menyebabkan tingginya bioresource dimana tanaman-tanaman tersebut memiliki bioaktivitas tersendiri sesuai dengan kandungan kimianya diantaranya yaitu Ocimum basilicum L.

Tanaman yang lebih dikenal dengan nama selasih (basil) ini merupakan salah satu spesies yang berasal dari famili Lamiaceae yang kaya akan minyak atsiri. Khasiat yang ditunjukan oleh Ocimum basilicum L.

Pada suatu penelitian disebutkan bahwa analisis kimia pada Ocimum basilicum L. menunjukan bahwa minyak atsirinya kaya akan derivat monoterpen, seskuiterpen dan fenilpropana. Pada penelitian lain disebutkan bahwa kandungan minyak atsiri pada daun Ocimum basilicum L memiliki persentase rendah diantaranya yaitu minyak volatil, linalool, lineol, geraniol dan asam polifenol.

Tanaman ini telah lama dimanfaatkan secara empiris dan terbukti secara ilmiah memiliki berbagai aktivitas farmakologi diantaranya analgesik, sedatif, anti inflamasi, antioksidan, anti-aging, antimikroba, antifungi dan antivirus. Aktivitas tersebut baik secara in silico, in vitro maupun in vivo.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk perkembangan ilmu farmasi bahan alam dengan tujuan akhir produk fitofarmaka yang dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan yang ada di masyarakat dengan memanfaatkan tanaman ini.

Sumber:
http://journal.unpad.ac.id/farmaka/article/view/13770

Itulah tadi penjelsan mengenai kandungan senyawa kimia dan bioaktivitas Ocimum Basilicum L. Semoga Bermanfaat. 😊👋.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

===================================
Departemen Publikasi dan Dokumentasi
PH-HMTK PNUP
Periode 2020-2021

Ikuti terus semua media sosial kami :
👉 Line: @wdi7450l
👉 Instagram: hmtk_pnup
👉 Facebook: HMTK PNUP
👉 E-mail: hmtkpnup@gmail.com
👉 Website: hmtk.poliupg.ac.id

#NuragaBerproses
#JayalahHMTK
#JayaJayaJaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *