[HMTK CORNER]

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pada HMTK Corner kali ini kami mengajak teman-teman semua untuk mengenal bahaya racun Novichok yang merupakan senjata kimia milik Rusia.

Penasaran? Ayo simak penjelasan di bawah ini!

Menurut Dr. Nabila Viera Yovita, racun Novichok merupakan agen kimiawi yang sangat bisa mengancam nyawa seseorang.

“Racun ini bekerja dengan cara memengaruhi transmisi sinyal saraf ke otot. Makanya ini disebut juga sebagai racun saraf,” jelasnya.

“Di dalam tubuh kita ada yang namanya enzim asetilkolinesterase yang bertugas untuk menonaktifkan pergerakan otot biar relaks kembali. Ketika bertemu dengan racun Novichok, ia menempel ke enzim tersebut sehingga otot korban akan terus berkontraksi,” kata Dr. Nabila.

Dia menambahkan, “Apabila sudah sampai mengenai otot pernapasan, korbannya akan kekurangan oksigen, gagal napas, dan kelelahan ekstrem karena bergerak terus-menerus (sama sekali tidak ada fase istirahat). Racun ini memang berbahaya sekali.”

Tak cuma itu, racun Novichok juga berpotensi menembus masker gas dan pakaian pelindung. Racun ini sebenarnya dikembangkan secara rahasia oleh Uni Soviet sejak 1970-an.

Novichok diklaim lebih berbahaya daripada racun saraf lainnya, VX, buatan Inggris pada 1950-an. Racun VX pernah digunakan untuk membunuh Kim Jong Nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, pada 2017 di Malaysia. Bahkan Novichok disebut lebih mematikan ketimbang gas saring buatan Jerman pada era Nazi.

Selain itu, racun Novichok sangat sulit untuk diidentifikasi dalam tubuh, butuh peralatan yang canggih dan ketelitian yang ekstra untuk mendeteksinya. Tak perlu waktu lama untuk membuat racun itu menyebar ke seluruh tubuh, menyiksa, dan membuat korbannya meninggal dunia. Hanya butuh 30 detik – 2 menit setelah terkontaminasi, racun langsung menyebar.

Sumber: https://www.klikdokter.com/…/mengenal-bahaya-novichok…

Itulah tadi hal-hal mengenai racun Novichok. Semoga menambah wawasan teman-teman. 😊👋

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
===================================
Departemen Publikasi dan Dokumentasi
PH-HMTK PNUP
Periode 2019-2020

Ikuti terus semua media sosial kami :
👉 Line: @wdi7450l
👉 Instagram: hmtk_pnup
👉 Facebook: HMTK PNUP
👉 E-mail: hmtkpnup@gmail.com
👉 Website: hmtk.poliupg.ac.id

#NuragaBerproses
#JayalahHMTK
#JayaJayaJaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *