PH-HMTK PNUP Periode 2019-2020

[HMTK CORNER]

[HMTK CORNER]


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Seperti kita ketahui bahwa dengan adanya wabah Covid-19 atau virus Corona, yang menyerang hampir seluruh negara di belahan dunia ini, menjadikan bukan hanya masker saja yang langka, melainkan hand sanitizer juga sama.

Untuk itu, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang berinisiatif membuat hand sanitizer sendiri, dengan menggunakan bahan alami yang bahkan tidak sulit didapatkan.

Sesuai dengan yang dianjurkan dari pemerintah untuk mencegah dan membunuh virus Corona itu maka harus sering mencuci tangan, baik itu memakai sabun antiseptik atau sejenisnya dan hand sanitizer.

Namun masalahnya, untuk menggunakan sabun tidak simple jika dibawa ke mana-mana. Sedangkan hand sanitizer sudah langka di apotek atau toko kesehatan, jika pun ada harganya tidak murah.

Penasaran bahan alami apa saja itu? Berikut daftarnya beserta cara membuat hand sanitizer dari bahan tersebut:

– Daun Sirih dan Kulit Rambutan

Langkah pertama yaitu siapkan terlebih dulu dua bahan alami tersebut, kemudian botol spray sebagai wadahnya.

Setelah bahan sudah siap, maka daun sirih dan kulit rambutan direbus, namun jangan bersamaan, karena yang akan diambil adalah ekstrak dari dua bahan alami itu.

Lalu, kedua ekstrak tersebut dicampurkan ke dalam botol spray yang sudah diisi air secukupnya. Anda juga menambahkan minyak zaitun beberapa tetes saja, supaya kulit tetap lembut.

– Daun Kemangi dan Lidah Buaya

Cara membuat hand sanitizer dari daun kemangi dan lidah buaya yaitu, pertama kupas terlebih dulu lidah buayanya. Kemudian dihaluskan berbarengan dengan daun kemangi, bisa memakai blender atau sejenisnya. Setelah itu, disaring untuk memperoleh ekstraknya.

Untuk menambah wangi, larutkan bubuk daun jeruk dengan menggunakan air secukupnya. Setelah itu, campur bubuk daun jeruk plus air dengan ekstrak dua bahan tersebut.

Sesudah itu, dimasukkan ke dalam botol spray, dan siap digunakan untuk membersihkan tangan Anda.

– Minyak Esensial dan Lidah Buaya

Membuat hand sanitizer selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan minyak esensial plus lidah buaya. Untuk membuatnya pun tidak lah sulit.

Cukup dengan mencampurkan minyak esensial dan lidah buaya yang sudah jadi gel ke dalam botol spray yang sudah diisi alkohol.

– Menggunakan Lemon

Kemudian ada lagi cara membuat hand sanitizer yaitu dari bahan lemon. Pertama buah tersebut diperas terlebih dulu, lalu perasan lemon itu dicampur dengan air secukupnya dan masukkan ke dalam botol spray. 

Ternyata buah lemon itu selain dijadikan hand sanitizer alami yang bisa membasmi kuman yang ada di tangan, juga dapat menjadikan kulit tetap cerah dan lembut.

– Pakai Cuka Putih

Cara membuat hand sanitizer ini sangat mudah, tinggal mencampurkan cuka putih dengan air sedikit, kemudian masukkan ke dalam botol spray. Untuk hasil lebih baik atau menjaga kualitas, simpan terlebih dulu di lemari pendingin atau kulkas.

Cuka putih sendiri merupakan bahan yang memiliki kemampuan melarutkan residu serta menetralkan bau.

Bukan hanya itu, bahan ini juga tak beracun serta mempunyai kemampuan untuk terurai sekaligus, menjadikannya ramah lingkungan.

Meski membuat hand sanitizer pakai bahan alami tidak sulit, namun perlu diketahui bahwa daya tahannya berbeda dengan produk kemasan yang ada di apotek atau toko kesehatan.

Sumber: www.harapanrakyat.com

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

===================================
Departemen Publikasi dan Dokumentasi
HMTK PNUP
Periode 2019-2020

Ikuti terus semua media sosial kami :
👉 Line: @wdi7450l
👉 Instagram: hmtk_pnup
👉 Facebook: HMTK PNUP
👉 E-mail: hmtkpnup@gmail.com
👉 Website: www.hmtkpnup.org

#BersinergiDalamAsa
#JayalahHMTK

VISI Terbina mahasiswa yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,sukses akademik, sukses organisasi, profesionalisme pengabdi masyarakat. MISI •Menumbuhkan suasana akademis dan kelembagaan di kampus. •Memperjuangkan kepentingan mahasiswa •Menjalin kerjasama dengan organisasi eksternal •Usaha-usaha lain yang menunjang pencapaian tujuan yang tidak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *