[HMTK CORNER]

[HMTK CORNER]
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Tahun baru telah tiba dan selalu identik dengan perayaan petasan atau kembang api. Tapi tahukah teman-teman mengenai blackpowder?. Nah HMTK Corner kali ini akan membahas black powder yaitu komposisi bahan peledak. Simak penjelasannya dibawah ini 👇👇👇
Bahan Peledak dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengatakan, kandungan yang berada di petasan yang saat ini beredar di masyarakat itu berbahaya, karena di dalamnya ada kandungan black powder (bubuk hitam) yang dapat meledak, dan penambahan aluminium powder untuk mempercepat perambatan terjadi ledakan.
Achmad menyebutkan bahan black powder menyebabkan ledakan yang keras, bila digunakan dengan bervolume besar, semakin besar kandungan black powder semakin keras suara ledakan, dan itu sangat membahayakan bagi si pemakai dan orang lain.
Pihak kepolisian sudah melarang, namun keberadaan kembang api dan petasan sudah ada sejak nenek moyang, jadi para masyarakat tetap menggunakan.
Ternyata, diantara berbagai peledakan bom yang terjadi selama ini, bahan peledak low explosive menjadi primadona pilihan sebagai bahan pembuat bomnya meskipun bahan peledak tersebut mempunyai daya ledak yang kurang dahsyat dibandingkan dengan bahan peledak high explosive. Terdapat beberapa alasan mengapa banyak bahan peledak dipilih sebagai bahan pembuat bom selama ini.
Alasan yang masuk akal ialah bahan peledak tersebut murah dan mudah didapat di pasar bebas. Sebagai contoh, potasium klorat, salah satu bahan untuk membuat korek api, petasan, dan kembang api ini, sangat mudah didapat dan dibeli di toko-toko bahan kimia.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
===================================
Departemen Publikasi dan Dokumentasi
HMTK PNUP
Periode 2019-2020
Ikuti terus semua media sosial kami :
👉 Line: @wdi7450l
👉 Instagram: hmtk_pnup
👉 Facebook: HMTK PNUP
👉 E-mail: hmtkpnup@gmail.com
👉 Website: www.hmtkpnup.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *