[HMTK CORNER]

[HMTK CORNER]



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Teman-teman pasti sudah tidak asing lagi mengenai airbag mobil. Nah HMTK Corner kali ini akan membahas bahaya tersembunyi pada airbag mobil. Simak penjelasannya dibawah ini 👇👇👇

Sejatinya Airbag alias kantung udara adalah piranti atau fitur keselamatan penumpang mobil baik pada bagian depan dan belakang. Sesuai namanya, alat ini berbentuk kantung udara yang mengembang saat terjadi benturan keras pada kendaraan.

Akan tetapi kurangnya pemahaman akan fungsi airbag bagi para pengemudi justru akan berdampak membahayakan, padahal airbag diciptakan untuk ‘menyambung nyawa’ tapi justru ‘pencabut nyawa’.

Kantung udara ini akan mengembang sesuai perintah sensor jika terjadi benturan pada minimal kecepatan 16-24 km per jam. Sistem pemompaan kantung udara pada dasarnya merupakan reaksi dari zat sodium azide (NaN3) dengan potassium nitrate (KNO3) yang berkolaborasi memproduksi gas nitrogen yang memompa kantung udara.

Efek perlindungan tersebut, tersimpan pula efek mematikan dari kinerja airbag. Kejadian yang berpotensi mengundang maut. Gas terbakar inilah yang melahirkan ledakan, membuat airbag mengembang yang mengarah pada bagian muka dan dada.

cedera yang diakibatkan airbag yang meletup saat mengenai pengendara saat terjadi benturan. Jenis luka yang seringkali terjadi adalah luka pada kulit. Hal itu bisa terjadi karena gesekan antara kulit tubuh dengan permukaan airbag.

Sentuhan tersebut akan terasa keras akibat airbag mengembang cepat dalam hitungan tak sampai sedetik. Karena tekstur airbag yang keras, membuat gesekan dengan kulit memicu temperatur panas, sehingga kulit terasa seperti terbakar.

Sumber: Beritagar.id

Nah itulah tadi bahaya dari airbag mobil. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa pada HMTK Corner Selanjutnya 👋

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 


===================================
Departemen Publikasi dan Dokumentasi
HMTK PNUP
Periode 2019-2020
Ikuti terus semua media sosial kami :
👉 Line: @wdi7450l
👉 Instagram: hmtk_pnup
👉 Facebook: HMTK PNUP
👉 E-mail: hmtkpnup@gmail.com
👉 Website: www.hmtkpnup.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *