[ HMTK NEWS ]

[ HMTK NEWS ]

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh

Apa kabar readers HMTKNews

HMTKNews edisi pertama ini akan membahas mengenai likuifaksi yang merupakan fenomena alam yang belakangan ini sedang banyak dibicarakan.

Simak penjelasannya yuk…!!!
Mungkin sebagian dari kita banyak yang baru mendengar tentang Likuifaksi. Dan gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,4 yang mengguncang Kabupaten Donggala dan Kota Palu, Sulawesi Tengah pada Jumat 28 September 2018 lalu menimbulkan fenomena likuifaksi atau ‘tanah bergerak’ yang mampu menenggelamkan sebuah perkampungan dan membuat fenomena Likuifaksi menjadi popular di masyarakat.

Fenomena ini biasanya terjadi saat gempa bumi mengguncang daerah-daerah atau zona-zona dengan tanah yang mengandung air. Misalnya yang sering terjadi itu di dekat pantai atau di daerah gempa, ada lapisan yang mengandung air misalnya tanah pasir. likuifikasi terbagi menjadi dua jenis. Ada yang berupa semburan air dari dalam tanah keluar memancar seperti air mancur.

Bisa juga lapisan pasir itu menjadi padat karena gempa yang sangat kuat dan airnya terperas keluar sehingga mengalir membawa lapisan tanah tadi, jadi seakan-akan hanyut. Hal itulah yang menyebabkan sebuah perkampungan tenggelam ke dalam tanah.
Nah, sekarang jadi lebih tau tentang fenomena Likuifaksi kan…

Terimakasih sudah membaca, tetap semangat…

#BersamaBerkarya
#jayalahHMTK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *